Keledai Naik Ehh..!! salah Kedelai

Ini menu buka gw yang sangat-sangat sederhana murah meriah dan penuh gizi ya ga salah lagi tahu + sambal kecap mantabbbnya pollll.. dulu dikampung gw tuh banyak pabrik tahu yang dibuat asli dari kacang keledai.. ehh salah kedelai aaarrgghh salah mulu menyebutnya, dan yang buat tuh semuanya orang betawi toku alias betawi asli yang banyak sebagian ada keturunan cina dan betawi, yang paling mengagumkan dia buat tahunya tuh dicampur susu sapi coz dia juga memang peternak sapi, tapi sekarang sudah ga buka lagi coz kacang kedelai yang semakin hari semakn naik saja seperti berita hari ini yang menyatakan kacang kedelai tuh naik melonjak, sekarng pabriknya tuh dibuat kontrakan wahh..wahh.wahh pintar juga ni betawi 😀 tapi sekarang sayang gw jadi ga bisa ngerasain tahunya lagi yang gurih + bergizi itu..

Tadi pas lagi buka puasa plus tahu ga lupa juga gw comotin, gw juga sambil nonton tv seketika gw jadi ngenes alias kasihan sama pedagang tahu sekarang harga tahunya yang ga seberapa dibandingkan produksi kacang keledai.. arrrgghh salah lagi kedelai itu sangat jauh banget, jadi kasian kalau dihitung-hitung mereka mungkin rugi bukan hanya rugi materi tapi juga tenaga, gw pernah melihat cara pembuatan tahu itu sangat sulit sepertinya, kacang kedelai yang harus digiling dan di rebus dulu terus belum di ikat-ikat sudah berapa keringat coba yang udah bercucuran, tapi ga kena tahunya ya keringatnya hehehe 😀 pokoknya gw ngliatnya tuh kasian, tadi juga liat berita pada protes para pedagang tahu.. ngerinya kalau keledai mahal ehhh kedelai mahal meraka nanti ambil inisiatif yang negatif entah nanti bisa di pakai boraxlah.. kan ngeri juga..

Lagi pula ngapain harus beli dari luar negri sih kalau di Indonesia banyak keledai ehh salah kacang kedelai kan kasian produksi kecil seperti pedagang tahu dan tempe, lagi pula tahu dan tempe kan ga kalah pentingnya kalau masalah gizi mereka sama-sama memiliki gizi yang tinggi.. ya gw ga tau tentang politik sih jadi serahin aja dah sama petinggi negri ini semoga para produksi kecil dapat di bantu dalam mengatasi keledai-keledai yang suka naik-naikin harga, ehh salahh ya, semoga kedelainya bisa diturunkan harganya gitu loh maksudnya.. udah ahh gw jadi ngoceh mulu kaya emak-emak teraweh dulu ya.. ccaaawww..!!

2 komentar

  1. Puyeng mas bro kl mikirin pemerintah mah..mana mereka yg mengatur lagi..ribet dah

    1. bener gan kasihan produksi kecil jadinya.. 😀

Terima kasih untuk jejak yang anda tinggalkan...!!

