Logo Protes Terhadap RUU SOPA & PIPA

Member of The Internet Defense League

Logo protes terhadap undang-undang Stop Online Piracy Act atau disebut juga [SOPA] dan PROTECT IP Act alias [PIPA] kini ada di widget WordPress, Sebenarnya bentuk protes ini sudah lama terjadi.

Contohnya pada tanggal 18 Januari 2012, serangkaian protes terencanakan diadakan melawan dua rancangan hukum di Kongres Amerika Serikat, yaitu Stop Online Piracy Act (SOPA) PROTECT IP Act (PIPA). Protes ini mengikuti protes-protes kecil pada akhir 2011. Protes ini didasarkan pada kekhawatiran bahwa RUU yang ditujukan untuk memberikan tanggapan yang lebih besar terhadap pelanggaran hak cipta (dikenal sebagai pembajakan) yang meningkat di luar Amerika Serikat ini berisikan peraturan-peraturan yang dapat mengancam kebebasan berbicara daring, situs web, dan komunitas Internet. Para pemrotes juga meragukan ketiadaan pelindung untuk melindungi situs-situs berbasis konten buatan pengguna.

Pergerakan protes yang lebih formal diawali ketika sejumlah situs web, termasuk Reddit dan komunitas penyunting Wikipedia bahasa Inggris, mempertimbangkan untuk menutup sementara konten mereka dan menampilkan pesan kepada pengguna yang menentang kedua RUU tersebut. Situs lain seperti Google, Mozilla, dan Flickr juga menyatakan protes melawan RUU tersebut. Beberapa situs ditutup seluruhnya, sementara lainnya mengizinkan akses menuju sebagian atau semua kontennya. Secara keseluruhan, lebih dari 115.000 situs web dan puluhan juta orang bergabung dengan protes Internet ini. Selain protes daring, ada pula demonstrasi nyata di beberapa kota di A.S., termasuk New York City, San Francisco, dan Seattle. Protes-protes lain juga diadakan di seluruh dunia.
Protes yang awalnya direncanakan pada hari dengar pendapat SOPA ini menarik publisitas dan reaksi besar. Beberapa hari sebelum tindakan tersebut, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan bahwa mereka “tidak mendukung UU yang mengikis kebebasan berbicara, meningkatkan risiko keamanan siber, atau mengancam Internet global yang dinamis dan inovatif. “Pada hari protes, lebih dari 8 juta orang mencari perwakilan mereka di Wikipedia, petisi di Google mencatat sekitar 4,5 juta tanda tangan,lebih dari 1 juta surat elektronik dikirim ke Kongres melalui Electronic Frontier Foundation, selama beberapa jam Twitter menerima sekitar 1/4 juta kicauan per jam mengenai SOPA, para pembuat hukum mengumpulkan “lebih dari 14 juta nama – 10 juta di antaranya adalah pemilih”.
Selama dan sesudah protes 18 Januari, para politisi yang sebelumnya mendukung UU ini mulai meragukan isinya, sementara lainnya menarik dukungan mereka secara total. Di luar negeri, komentar “pedas” mengenai RUU ini disuarakan oleh penemu World Wide Web, Sir Tim Berners-Lee, serta Komisaris Eropa untuk Agenda Digital. Sejumlah media mengkritik tekanan terhadap pendukung UU ini; Boston Herald mendeksripsikan penarikan layanan web sebagai bukti “betapa kuatnya hukuman siber ini. “Mantan Senator dan Direktur MPAA Chris Dodd menyatakan bahwa pemadaman terkoordinasi tersebut adalah “penyalahgunaan kekuasaan tentang kebebasan yang dinikmati perusahaan-perusahaan tersebut di pasar saat ini.” Media lain seperti The New York Times memandang protes ini sebagai “era politik bagi industri teknologi.”
Pada 20 Januari, lingkungan politik mengenai kedua RUU tersebut berubah total. RUU ini ditarik dari pemungutan suara untuk direvisi dan dipertimbangkan isinya.

Pada tanggal 10 Desember 2011, pendiri bersama Wikipedia Jimmy Wales menarik perhatian atas kekhawatirannya terhadap SOPA, yang ia sebut sebagai “hukum yang jauh lebih buruk” dibandingkan DDL intercettazioni (UU Penyadapan) di Italia beberapa bulan sebelumnya, yang sedang dilacak cepat oleh Kongres atas “judul yang menyesatkan”.
Sebagai bentuk protes terhadap rancangan undang-undang Stop Online Piracy Act dan juga PROTECT IP Act, Wikipedia bahasa Inggris melakukan “pemadaman” situs pada tanggal 18 Januari 2012 pukul 05.00 UTC selama 24 jam. Halaman artikel pada Wikipedia bahasa Inggris tidak dapat dibaca maupun disunting dan hanya menampilkan pesan agar para pengunjungnya membayangkan dunia tanpa ada sumber pengetahuan gratis yang didominasi warna hitam. Sedangkan Wikipedia bahasa lainnya, menampilkan panji menyatakan dukungannya terhadap protes yang dilakukan Wikipedia bahasa Inggris.

Lebih dari 115.000 situs web berpartisipasi dalam protes ini,termasuk Craigslist, Boing Boing, A Softer World, Cake Wrecks, Destructoid, DeckTech.net, Free Press, Failblog, Newgrounds, Good.is, Good Old Games, Mojang, MoveOn.org, Mozilla, Rate Your Music, Oh No They Didn’t, Tucows, What Dat.net, ThatGuyWithTheGlasses, Tumblr, TwitPic, VGMusic, Wikia, WordPress, xkcd, Galobuz serta situs korporat distribusi Linux, openSUSE, dan situs perwakilan Kongres dari Silicon Valley, Anna Eshoo dan Zoe Lofgren.Google mengumumkan keinginan mereka untuk bergabung dengan pemadaman ini dengan mengubah logo versi Amerika Serikatnya selama satu hari menggunakan papan hitam interaktif. Jika logo tersebut diklik, pengguna akan dialihkan ke halaman informasi tentang RUU ini, disertai kesempatan untuk menandatangani petisi kepada Kongres yang menyatakan kekhawatiran mereka.
Mozilla Foundation mengganti halaman awal peramban web Firefox-nya dengan warna hitam dan menyertakan tautan yang berisikan informasi tentang RUU SOPA/PIPA dilengkapi pernyataan penentangan mereka, dan memungkinkan pengguna mengirim surel ke perwakilan Kongres mereka.
Situs daring majalah Wired menggunakan JavaScript untuk menghitamkan sebagian besar teks di halaman mereka, seolah-olah teks tersebut telah ditinjau, di luar artikel utama mereka mengenai SOPA/PIPA; pembaca bisa menghilangkan kotak-kotak tersebut dengan mengkliknya.
Situs web berbagi foto Flickr memberikan pengguna terdaftar kemampuan untuk “menyensor” foto-foto dalam jumlah tidak terdaftar sebagai demonstrasi bagaimana regulasi SOPA/PIPA akan memberi dampak buruk terhadap situs tersebut; foto pilihan pengguna diberi warna abu-abu, termasuk teks informasinya.
4chan menampilkan sebuah spanduk dan “menyensor” pos pengguna di semua halaman gambarnya, yang bisa dilihat dengan mengarahkan kursor ke sana.
StumbleUpon menambahkan beberapa tautan yang mengarah ke situs-situs anti-SOPA/PIPA.
Sebuah video yang disebarkan oleh League for Gamers (didirikan oleh Mark Kern dan didukung oleh ScrewAttack, Extra Credits, dan LoadingReadyRun) memrotes dukungan Entertainment Software Association terhadap SOPA dengan menggalang dukungan untuk memboikot ESA Electronic Entertainment Expo Convention.

Baca lebih lanjut tentang SOPA dan PIPA disini :

http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:SOPA
atau http://id.wikipedia.org/wiki/Stop_Online_Piracy_Act
dan http://id.wikipedia.org/wiki/Protes_SOPA_dan_PIPA

Iklan

Terima kasih untuk jejak yang anda tinggalkan...!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s